Jumat, 11 Maret 2011

My Top 100 International Songs Periode 2000-2009 (Bagian 1)


Wohohoho..

Gara-gara blog si Ajirenji yang mengulas mengenai “My Top 25 International Songs 2000’s”, aku jadi tertarik juga untuk menulis tentang hal tersebut.

Aku cobain buat ngingat-ngingat lagu-lagu apa saja yang “pernah” membuatku tergila-gila, pernah aku “benci” namun akhirnya jatuh “cinta”, lagu yang pernah membuatku terkenang akan suatu peristiwa, lagu yang aku coba untuk sukai gara-gara “seseorang” menyukai lagu tersebut, dan lagu-lagu yang tanpa sadar mengisi hidupku selama tahun 2000-2009.

Angka 25 itu menurutku sedikit karena jumlah lagu yang aku sukai cukup banyak. Cuma tentu saja lagu-lagu ini entah sengaja atau tidak tiba-tiba jadi suka dan sering banget didengerin.

Tahun 2000-2009, sama seperti si Ajirenji, adalah masa puber pertamaku kalau yang sekarang bisa dibilang puber kedua. Umurku berkisar 13-22 tahun itu. Masih berjiwa muda walau aku sering dibilang kakek-kakek *halah. Semangatnya masih membara (bisa dibilang begitu). Emosinya belum stabil, masih sering gonjang-ganjing. Masih Ababil =)

Btw, Susah juga euy mencoba mengingat 100 lagu yang berkesan. Apalagi aku bertekad, satu penyanyi/artis itu harus satu lagu. Hadeeeeh.. repot sih, tapi itu prinsip saya *biarin yak.

Lagu-lagu ini memang banyak yang emang easy listening, mudah untuk disukai oleh orang banyak. Atau istlahnya mainstream a.k.a pasaran (sebenarnya aku baru tau artinya begitu *biarin juga lagi yak).

Lagu-lagu berikut ini bukan yang terbaik dari penyanyinya, namun bagiku yang setiap kali mendengarnya, 
bahkan sekarang pun akan langsung merasa terbawa ke masa-masa yang penuh dengan kenangan ketika mendengar lagu-lagu ini. Begitu telinga ini menangkap suara orang-orang ini nyanyi – lagu ini terutama, kenangan akan waktu itu seolah-olah baru saja terjadi dan aku merindukannya. (*halah, bahasanya mencoba romantis tapi aku ngerasa gagal). Jadi intinya, kenanganlah yang membuatnya berada di list ini.

Padahal lagu-lagu ini beberapa tidak aku sukai pada awalnya lho. Hanya karena sering mendengar, baik sengaja atau tidak, seolah-olah melekatkan diri akan suatu peristiwa untuk menjadi Original Soundtrack-nya, kalau mau dikatakan bahwa hidupku ini layaknya sebuah film (ciee).

Berikut list-nya. Urutan tidak berarti apa-apa di sini. Aku buat hanya berdasarkan lagu apa yang diingat lebih dulu.

---

1.       Maroon 5 – Sunday Morning (2004)
Di antara lagu Maroon 5, lagu inilah yang paling telat untuk aku sukai di album pertamanya namun menjadi lagu yang paling berkesan. Entah awal mulanya bagaimana aku menyukai lagu ini, akan tetapi jika hari Minggu hujan pagi-pagi, maka lagu ini selalu aku nyanyikan. Terasa pas gitu saja suasananya.

2.       Lenka – Trouble is a Friend (2008)
Wuiih.. Lagu ini sangat unik dan aku rasa cocok buatku yang terkadang sering banget bikin kekacauan di mana-mana terutama yang disebabkan oleh kakiku. Lagu ini sempat mengisi beberapa minggu hidupku karena selalu diputar setiap hari. Hahaha..

3.       Relient K. – Who I am Hates Who I’ve Been – acoustic version (2008)
Lagu yang sangat keren, terutama untuk versi acoustic-nya. Kadang-kadang aku merasa seperti menjadi seseorang yang aku benci (sikapnya). Mungkin karena alasan itulah aku begitu menyukai lagu ini selain tentu saja karena lagu ini sangat enak untuk didengarkan.

4.       Plus 44 – Baby Come On – acoustic version (2007)
Di album yang sama dengan lagu “Relient K. – Who I am Hates Who I’ve Been – acoustic version” Punk Goes Acoustic 2, lagu ini tiba-tiba menjadi menjelma menjadi salah satu lagu favoritku. Easy listening dan easy listening *halah. Namun tentu saja versi aslinya adalah lagu rock.

5.       Lost Prophet – Last Train Home (2004)
Lagu ini pernah menjadi lagu favoritku untuk jangka waktu yang lama. Berkali-kali aku dengerin gak bosan-bosan. Apalagi aku mengenal lagu ini lewat temanku yang meminjamkan mp3-nya dan berisikan lagu ini *maklum waktu kuliah aku gak punya hiburan apa-apa. Didengarkan setiap malam dan hampir setiap hari.

6.       Avenged Sevenfold – Dear God (2008)
Lagu sebelumnya tentu saja aku suka. Namun lagu Dear God ini yang paling berkesan karena lagu ini sering terdengar ketika aku sedang tidur dan sering terbawa mimpi. Lagu ini judulnya apa? Akupun mencari tahu dan suka walaupun sempat bosan pada akhirnya. Hahaha…

7.       Sherwood – Middle of The Night (2007)
Di antara lagu Sherwood lagu inilah yang paling nempel di hati dan kepalaku *halah. Tapi emang bener kok. Lagu yang lainnya keren tapi setiap malam lagu ini seolah-olah membayang-banyangiku oleh liriknya 
“He’s going outside in the middle of the night with you, tell me what I am supposed to do”. Hehehee..

8.       Shania Twain – Forever and For Always (2002)
Berbicara mengenai lagu ini, sewaktu SMA lagu inilah yang paling membuatku merasa gimanaaa gitu di antara lagu Shania Twain yang lain. Keren-lah pokoknya.

9.       Rascal Flats – Life is a Highway (2006)
Lagu soundtrack animasi Pixar “Cars” ini menjadi salah satu lagu favorit-ku sepanjang hidupku selama ini. Lagu “What hurts the Most” juga keren, namun lagu ini lah yang bisa membangkitkan semangatku setiap kali mendengarnya.
"Life is a highway and I wanna ride it all night long..."
   
10.   Britney Spears – Everytime (2004)
Waah.. Britney masuk? Yeah. Sewaktu SMA lagu ini menjelma menjadi salah satu lagu Britney yang paling keren menurut versiku. Aku suka Britney pada masa itu, walaupun sekarang tidak begitu. Hahahaa…

11.   Avril Lavigne – I am With You (2003)
Berbicara mengenai Avril, tentu saja dia penyanyi yang penuh spirit. Namun kenapa malah lagu ini ayng aku pilih? Padahal aku juga suka “Sk8er Boy”, “Complicated”, “My Happy Ending”, dll. NAmun, karena sewaktu SMA lagu ini dan video klip-nya selalu menemaniku sebelum berangkat sekolah makanya yang terbayang sewaktu mendengar lagi lagu ini adalah kenanganku yang sedang bersiap berangkat ke sekolah.

12.   Jason Mraz – I’m Yours (2008)
Awalnya aku gak menikmati lagu ini. Namun, pengamenlah yang membuatku menyukai lagu ini. Seperti katanya Ajirenji, lagu ini termasuk lagu yang paling berpegaruh bagi orang Indonesia.  Sewaktu dalam perjalanan dalam Bis menuju Blok M-lah aku mendengar lagu ini. Dan, oooh… begitu keren dan semakin aku dengerin semakin aku suka.
Btw, pengamen di Jakarta sering mebuatku menyukai lagu yang sebelumnya tidak aku sukai. Hahaha..

13.   Saybia – The Day after Tomorrow (2002)
Lagu kenangan sewaktu SMA. Cukup itu saja deh. Pokoknya lagu ini dulu aku suka.

14.   Club 8 – Love in December (2002)
One of My Favorit song in 2008. Iya, lagu ini memang tahun 2004, namun aku mendengarnya pertama kali tahun 2008 awal. Lagu yang simple dan aku jatuh cinta kepada lagu ini. Terdengar seperti Mocca, namun lebih bagus. Pokoknya lagu ini keren-lah..

15.   Kelly Clarkson – Because of You/My Life Would Suck Without You
Aku bingung milih lagu yang mana? Hahaha…

16.   Billy Talent – Lies (Fallen Leaves – Try Honesty) (2003)
Nah.. ini lagi ada 3. Namun pilihanku aku putuskan “Try Honesty”. Lagu ini menemaniku dan temanku melakukan perjalanan dari Jakarta – Bandung dengan mengendarai motor sewaktu bulan Ramadhan tahun 2006. Berangkat sehabis solat subuh. Hmmm.. perjalanan yang melelahkan.

17.   Gareth Gates – Too Serious Too Soon (2002)
Aku pernah begitu menyukai lagu Gareth Gates gara-gara temanku. Dan lagu inilah yang aku pilih karena waktu itu membuat perasaanku merasakan perasaan yang aneh seperti patah hati setiap mendengarnya. Setaiap sedih kadang aku nyanyi lagu ini. Hahaha…

18.   Christian Bautista – The Way You Look at Me (2004)
Simpel saja jawabannya, karena lagu ini enak banget untuk didenarkan dan sering aku nyanyikan bersama teman-teman SMA-ku.

19.   Coldplay – Yellow (2000)
Sempat bingung milih lagu Coldplay yang mana, namun akhirnya memutuskan lagu Yellow ini saja. Aku begitu menyukai lagu ini hanya karena buku. *aneh gak? Tapi kenyataannya begitu.

20.   Daniel Bedingfield – If You’re Not The One (2001)
Lagu yang dulu begitu membuatku tergila-gila sampai mencari kasetnya kemana-mana. Kau suka lagu ini karena terasa begitu mirip dengan perasaanku saat itu yang merindukan dan mengingingkan seseorang (kadang-kadang). Hehehe..
       
       21.   Duncan Sheik – Good Morning (2002)
Barely Breathing sebelum tahun 2000 sih. Tapi aku suka banget sama lagu ini teruma bagian “La la la la la la la la”nya itu. Keren aja.

22.   Eminem – Lose Yourself (8 Mile OST) (2002)
Kenapa lagu ini? Karena mungkin inilah awal mula aku menyukai Eminem yang ternyata luar biasa dalam berkarya (in my opinion)

23.   Fall Out Boys – Dance Dance (2005)
Lagu ini membuatku ingin Dance-dnace kalau mendengarnya. Apalagi aku serng nyeletuk tentang lagu ini dan menybutnya “Dance-Dance” bukan dibaca dens-dens (seperti layaknya dibaca dalam bahasa Inggris)

24.   Good Charlote – Keeps Your Hand Off My Girlfriend (2007)
Hahahaha.. lagu ini sebenarnya bisa dibilang aneh dan unik, tapi aku suka. Lagu-lagu yang lain juga bagus, tapi karena yang ini yang paling aneh, makanya aku pilih *alasannya gak penting
       
      25.   Green Day – Boulevard of Broken Dreams (2004)
Lagu Green Day inilah yang paling berkesan buatku. Lagunya bagus *mulai bingung nyari alasan.
      
      26.   Unwritten Law – Celebration Songs (2005)
Lagunya bagus, apalagi sering ada di game-game balap. Jadi makin semangat deh dengerinnya. Lagipula aku tau lagu ini juga lagi-lagi gara-gara temanku.

27.   Stone Sour – ZZSYX Rd (2006)
Through The Glass adalah lagu pertama band ini ayng aku dengar. Aku suka, tapi ternyata lagu inilah yang lebih merebut perhatianku karena lagu ini bagus dan juga judul lagunya yang unik (sampai sekarang aku gak ngerti maksud sebenarnya judul itu apaan). Lagu 30-30-150 (2006) juga keren. hahaha

28.   Incubus – Anna Molly (2006)
Kenapa Anna Moly? Ya mau-maunya saya. Padahal ada “Pardon Me” akustik yang juga aku suka dan “Megalomaniac” yang enerjik. Tapi saya Cuma mau nyebut lagu ini aja.

29.   Jamie Cullum – Mind Trick (2006)
Waaaah, lagu ini tanpa sadar terus merecoki aku gara-gara tetangga kamar kost sebelah padahal aku baru pindahan kost ke dekat kampus. Di liburan yang cerah dan suasana yang damai. Itulah yang selalu terbayang jika mendengar lagu ini selain bayang-bayang aku sedang pindahan kost. Lagipula lagu ini menjadi salah satu lagu yang sangat aku suka beberapa tahun setelahnya *agak aneh emang.

30.   Kaiser Chief – Tomato in The Rain (2008)
Aku memilih lagu ini di antara lagu lainnya gara-gara lagu ini unik (liriknya). Padahal lagu-lagu yang lain keren-keren lho. Tapi, gara-gara lirik “Like a Tomato in the Rain, I feel that feeling again...” nah, lho. Apaan coba maksudnya? Hahahaha...
       
       31.   Lily Allen – Fuck You Very Much (2009)
Inilah lagu umpatan yang disajikan dengan lagu yang “sopan” dan sangat menarik. Keren.

       32.   Linkin Park – From The Inside (2004)
Hahahaa.. ini salah satu keegoisan yang lain. Aku memilih lagu ini di antara karya-karya LP lainnya yang jauh lebih keren hanya karena saat ini hatiku cenderung memilih lagu ini. Lagu ini yang terus menerus teringat.

33.   Michael Learn To Rock – Take Me To Your Heart (2004)
Wah, aku tau banyak lagu MLTR tahun sebelumnya yang keren-keren. Lagu ini kembali berhasil sesuai dengan judulnya. Tapi, MLTR kapan akan nge-rock? Jangan belajar terus tanpa membuahkan hasil. Hehehee...

34.   Muse – Sings For Absolution (2003)
Pilihan yang sulit. Apakah lagu ini atau “Unintended” atau “Histerya”? yaudah deh, lagu ini aja. Berhubung entah kenapa akhir-akhir ini aku kurang bisa menikmati lagu Muse lagi seperti dulu. Bagus, tapi aku kurang bisa menikmatinya.

35.   Mudvayne – Forget To Remember (2006)
Lagu ini soundtrack film SAW III atau II ya? Pokoknya lagu ini keren banget dah. Dan aku suka judulnya.

       36.   Simple Plan – Untitled (2005)
Lagu ini berhasil merebut perhatianku. Lama-lama aku suka banget sama lagu ini, padahal aku bersikap biasa aja sama Simple Plan sebelumnya.

37.   The Corrs – Angel (2004)
Kenapa lagu ini? Lagi-lagi bertanya. Karena saat ini aku merasa lagu ini yang paling melekat di memoriku.

38.   One Republic – Marching On (2008)
Waaah, kenapa lagu ini begitu keren? Sumpah saat ini aku sangat tergila-gila sama lagu ini. Aku dengar berkali-kali, liat video klipnya seharian juga kagak pernah bosan. We’re marching On.. we’re Marching On...
Lagu ini sangat keren.
  
       39.   Glen Hansard feat Marketa Irglova – Falling Slowly (2006)
Lagu yang simple tapi dalam *masa sih? Lagu ini pernah menang ajang Oscar. Emang bagus. Aku aja suka, semakin suka dari hari ke hari.

40.   Owl City – Fireflies (2009)
Awalnya aku beranggapan lagu ini aneh. Gimana nggak? Aneh gitu. Hahaha.. tapi lama-lama jadi keren kok, makanya suka dan semakin suka dan semakin suka.

41.   Jack’s Mannequin – Bruised (2003)
Aku suka lagu ini. Bagus aja dan aku suka *alasan gak jelas lagi

42.   The Used – Hard To Say (2003)
Wahahahaha... lagu ini entah kenapa mulai aku sukai saat sedang di Tangkuban Perahu, Bandung. Lagunya itu kereeeeeeeeeeeen banget dan terbayang akan gunung itu terus karena kami masuknya gratis. Hahaha...

43.   Rihanna – Umbrella (2007)
Lagu ini sewaktu tingkat 2 kuliah (sekitar semester 3-4) begitu booming. Rihanna denga lagu payungnya begitu boomingnya sampai-sampai kami bernyanyi dengan versi bahasa Indonesia, “Kamu dapat berdiri di bawah payung saya... a a a di bawah payung saya.. yung.. yung.. yung... di bawah payung saya” *lagu geje banget dah.

       44.   Staind – So Far Away (2004)
Aku suka lagu ini. Pokoknya suka. Titik. Bingung lagi nayri alasan buat lagu ini.

45.   Sugar Ray – Mr bartender (It’s so Easy) (2003)
Lagunya asyik banget buat didegerin.

46.   Taylor Swift – Today Was A fairyTale (2009)
Di antara lagu TS, lagu inilah yang paling aku suka. Lagu ini yang membuatku jatuh cinta sama dia. Apalagi ini lagu country. Hehehehe...

47.   The Ataris – The Saddest Song (2003)
Lagu ini bagus, padahal gak sedih banget tuh lagunya. Cuma lagunya bagus *ngulang kalimat pertama.

       48.   Yellowcard – Only One (2004)
Naaahh.. lagi-lagi lagu yang sempat aku gilai sewaktu kuliah. Lagu “Only One” masuk juga ke dalam lagu kenangan yang paling berkesan karena banyak moment yang menyanyikan lagu ini kalo lagi ada hiburan.

       49.   Weezer – Island In The Sun (2001)
Hip hip.. hip hip..  lagunya enak didengerin.

50.   Three Doors Down – Let Me Go (2005)
Lagu sewaktu PKL terus menerus di ulang berkali-kali. Semakin tertanam di kepala dan semakin aku suka. Soundtrack waktu PKL nih.

---

Wah, ternyata susah juga nginget lagu periode tahun 2000-2009. Selain itu pula, bingung nyari alasan. hehehe...
Lupa-lupa gitu deh apa saja yang kira-kira terlupa. Kebanyakan lagu lama atau baru sih.
Bagian 2 menyusul yak. Lagi dipkirin dari 51-100. hehehehe...

bersambung . . .

35 komentar:

  1. banyak sekali yang belum saya tahu.. yang one republic, sepertinya keren..hmmmm

    BalasHapus
  2. oh ya, blog ini tak masukin ke roll blog reviewer lainnya aja kalu gitu, yang just a thougth masuk my blogger fren!

    keep blogging...

    BalasHapus
  3. Cepat amat komentarnya. hehee..
    Coba aja didengerin yang belum pernah didengerin.
    Mudah-mudahan suka.

    Btw, terima kasih telah berkunjung.

    BalasHapus
  4. hweeeeeh kok lagu barat semua nih..??yang lagu indonesia ato lainnya juga dong.. :p

    mau mencoba membantu mengingatkan penyanyi yg bagus mnurutku nih, sapa tau sampeyan suka juga

    michael buble, keane, coldplay, nelly furtado, dewa, fergie, flanella, letto..trus apalagi yah..
    sepertinya sekarang saya yg amnesia..haha
    yah sudahlah segitu saja

    selamat buat blog barunya^^

    BalasHapus
  5. Ada rencana buat lagu indonesia juga sih. Tunggu aja ya.

    Michael Buble, Coldplay udah ada di daftar selanjutnya. mau ngepost 51-80 juga nih. Ditunggu lagi juga. Hehehe...

    BalasHapus
  6. vote buat banyak lagu di sini..

    Owl City – Fireflies
    Green Day – Boulevard of Broken Dreams
    Daniel Bedingfield – If You’re Not The One
    Christian Bautista – The Way You Look at Me

    and soon..
    selera musiknya asik neh. :D

    BalasHapus
  7. Yap, 4 lagu yang disebut saya juga emang suka "banget" hehehe..

    aku sih dengerin semua jenis music, apa yang menurutku bagus ya ta lanjutin dengerinnya. gak pilih-pilih. yang penting enak dan ayik untuk dinikmati. hehehe

    BalasHapus
  8. sial!
    baru sadar kalo komen ku bodoh sekali.ini kan top 100 international song.sejak kapan lagu indonesia jadi international song?!?!?!?!
    >_<

    BalasHapus
  9. Yen - hehehe.. gak apa-apa
    Emang berniat bikin daftar lagu Indonesia juga.
    Tapi gak janji kapan. Tergantung mood saya aja.

    BalasHapus
  10. rata2 laguny ak tau semua.. =D
    emg bagus2 tu gan~ :wink

    BalasHapus
  11. sekalian dong lagunya yg di share :D

    BalasHapus
  12. mantep bgt bro semua lagu lagunya...aku download semua

    BalasHapus
  13. tau RBD - Tu amor? bagus juga :D
    tapi ngga tau lagu tahun brp haha

    BalasHapus
  14. all 4 one - i swear thn brp ya... hehehe

    tp asik lagunya..

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. ulasan yg jadi referensi bt akko. ampe2. akko muter lagu-lagu ini saat siaran d radio. hahahaa. Gudjob!

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. silakan Mampir Di Blog mengenai Best song ever di http://budiman11myblog.blogspot.com/2014/08/best-song-ever.html

    BalasHapus
  19. lagu yang sering diputar di mall kisaran tahun 2003 - 2006 apa ya gan?

    BalasHapus
  20. Lagu JTL-MY LECON kok gk masuk gan

    BalasHapus
  21. makasih ya gan,lg bingung cari lagu perpisahan smp eh ketemu deh disini hehee

    BalasHapus
  22. Lagu lagu nya dan blog nya bagus, tp lebih bagus lg jika di sertai dgn download lagu nya. Jd bsa langsung download dan di dengarkan

    BalasHapus
  23. Lagu I JUST HAVEN'T MET YOU YET-MICHAEL BUBLE kok gak ada mas

    BalasHapus
  24. Lagunya all time low keren2 sama mayday parade :D

    BalasHapus
  25. Terimakasih gan, http://lagufull.wapka.mobi/index.xhtml

    BalasHapus
  26. The Rasmus - In The Shadows (2003)
    Hoobastank - The Reason (2003)
    Creed - One Last Breath (2003)
    Alterbridge - Open Your Eyes (2006)
    My Chemical Romance - Helena (2004)
    My Chemical Romance - Welcome To The Black Parade (2006)

    BalasHapus
  27. Lagu nya bagus saya suka yang From to inside

    BalasHapus
  28. Gan..
    lagu tahun 2000an yang nyanyi solo pake gitar apa sih?
    aku lupa judul lupa penyanyi, mknya carinya agak susah..

    BalasHapus
  29. Bagus² semua lagunya.. 😊👋

    BalasHapus